MANFAAT
Dapat Memahami sifat-sifat kubus, balok,
prisma, limas dan bagian-bagiannya serta menentukan ukurannya dan Membuat
jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas.
A.
Alat yang dibutuhkan
- Styrofoam ukuran
30 cm x 27 cm
- Karton
tebal
- Kertas
origami berwarna
- Gunting
- Lem Kertas
- Paku
payung
- Spidol
- Kubus-kubus
kecil untuk demonstrasi dan percobaan
B.
Cara membuat
1. Papan Puzzle
v
Buat persegi ukuran 3 cm x 3 cm
pada Styrofoam.
v
Arsir bagian yang tidak
digunakan untuk puzzle seperti gambar dibawah ini: saya mengalami
kesulitan mengarsir di sini. Hasilnya bisa dilihat pada alat peraga yang sudah
jadi.
2. Puzzle Jaring-jaring Kubus
v
Buat 11 macam jaring-jaring kubus
seperti gambar di bawah ini dengan menggunakan karton tebal. Tiap
persegi berukuran 3 cm x 3 cm.
v Potong kertas origami berwarna dengan ukuran 3 cm x 3
cm. Potong tiga macam warna.
v Tempelkan
potongan kertas origami itu pada jarring-jaring kuybus yang telah dibuat. Sisi yang
sejajar diberi warna yang sama seperti gambar di bawah ini.
LANGKAH-LANGKAH
Untuk menunjukkan cara memperoleh jaring-jaring kubus,
guru dapat meminta kepada siswa untuk membelah kubus-kubus mereka dengan
menggunakan cutter atau gunting menurut beberapa rusuk tertentu dan menyisakan
satu rusuk yang merangkaikan antara dua persegi, serta ajukanlah pertanyaan
kepada para siswa ada berapa macam bentuk jaring-jaring dari sebuah kubus?
Setelah mereka memulai pengguntingan dengan cara yang
berbeda-beda, tentunya mereka akan menjawab dengan bermacam-macam jawaban.
Dapat dimungkinkan bahwa ada beberapa siswa yang cara mengguntingnya membuahkan
hasil yang sama. Hasil guntingan siswa akan membentuk salah satu jaring.
Jaring-jaring tersebut apabila dirangkaikan
kembali maka:
(a) Tidak ada satu pun hasil
guntingan yang berupa daerah persegi tersebut yang
menutup persegi yang lain.
(b) Hasil pengguntingan tidak boleh
terlepas yang satu dengan lainnya.
Dengan demikian yang dimaksud
jaring-jaring kubus adalah suatu rangkaian yang terdiri dari enam daerah
persegi yang apabila digabungkan kembali (diimpitkan sisi-sisi perseginya) akan
membentuk kubus.
Ada 11 model jaring jaring kubus
dengan pola sbb:
Pola 1-4-1 sebanyak 6 macam. Pola
1-4-1 berarti terdiri atas rangkaian empat persegi pada satu baris di bagian
tengah diikuti dengan masing-masing 1 persegi pada sebelah
menyebelah rangkaian empat persegi tersebut.
menyebelah rangkaian empat persegi tersebut.
Pola 2-3-1 sebanyak 3 macam. Pola
2-3-1 berarti terdiri atas rangkaian tiga persegi pada
satu baris di bagian tengah diikuti dengan dua persegi pada bagian atas dan satu persegi
pada bagian bawah rangkaian tiga persegi tadi.
satu baris di bagian tengah diikuti dengan dua persegi pada bagian atas dan satu persegi
pada bagian bawah rangkaian tiga persegi tadi.
Pola 2-2-2 sebanyak satu macam dan
pola 3-3 sebanyak 1 macam.
Kemudian guru membantu kelompok
yang kesulitan dan memberi petunjuk untuk mencari bentuk jarring-jaring yang
sulit. Setelah ke sebelas jarring-jaring ditemukan, ajak siswa bermain puzzle
dengan cara menggunakan ke sebelas jarring-jaring kubus tadi sebagai potongan
puzzlenya.
Catatan:
v
Bila Anda mau, beri hadiah kepada
kelompok yang menang dalam menyusun puzzle. Hal ini akan
membuat mereka lebih tertarik pada pelajaran Anda.
v
Warna
digunakan untuk mempermudah siswa mengerti dan mengingat. Karena otak bekerja
dalam warna.
v
Digunakan game puzzle agar
siswa lebih mengingat ke sebelas macam jarring-jaring kubus. Karena otak akan
lebih mudah mengingat apa yang berkaitan dengan dunia nyata dan dilakukan
secara riang bahagia. Selain itu mengingat bahwa manusia adalah homo
ludens atau makhluk bermain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar