Minggu, 05 Januari 2014

Metode Simplex Baku

Dari berbagai metode penyelesaian program linear. Metode simpleks merupakan metode yang terkenal. Metode grafik dan metode vektor diperkenalkan lebih awal terutama untuk memberikan suatu “pengertian” yang mendalam tentang cara penyelesaian suatu masalah program linear dan untuk memberikan penegrtian yaang lebih mendalam tentang mekanisme dan langkah-langkah yang perlu ditentukan dalam penggunaan Metode simpleks.
Metode simpleks didasarkan atas pengertian bahwa solusi optimal dari maslah program linear, jika ada, selalu dpat ditemukan disalah satu dari dasar yang berlaku. Maka dalam metode simpleks, langkah pertama adalah selalu untuk memperoleh solusi dasar yang berlaku.
Langkah-langkah dari Metode simpleks diulang-ulang sehinngga dicapai suatu solusi optimal, jika ada.jika tidak tercapai adanya suatu solusi optimal, berarti bahwa masalah program linear tidak mempunyai penyelesaian atau tidak dapat tercapai adanya suatu nilai maksimum yang terhingga.
Adapun langkah-langkah dalam menggunakan Metode simpleks adalah sebagai berikut:
1.     Menunjukkan variabel pokok mana yang akan menjadi basis setelah solusi basis awal, solusi basis ( dasar ) kesatu sampai dengan tahapan akhir.
2. Memilih elemen privot diantara beberapa elemen menurut basis pada kolom yang menunjukkan variabel menjadi basis.
3.   Menerapkan rumus transformasi baris, penerapan dari operasi baris elemen dalam solusi sistem persamaan.
4.   dapat menggunakan variabel tiruan (artifisal) dalam penyelesaian masalah program linear bila pembatas perlu diubah dengan bantuan variabel pengurang (surplus variabel).
5.    Dapat menentukan nilai optimal (maksimum/minimum) fungsi tujuan dari masalah program linear.

Tabel Simpleks



untuk lebih jelasnya lihat contoh silahkan klik disini 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar