Minggu, 05 Januari 2014

Uji Chi Kuadrat

Pengujian normalitas data

     Penggunaan Statistika parametris, bekerja dengan asumsi bahwa data setiap variabel penelitian yang akan dianalisisi membentuk distribusi normal. Bila data tidak normal, maka tenik statistika paremetris tidak dapat diigunakan untuk alat analisis. Sebagai gantinya digunakan teknik statistik lain yang tidak harus berasumsi bahwa data berdistribusi normal.Seperti yang dilakukan di muka bahwa Statistik Paremetris itu bekerja berdasarkan asumsi bahwa data setia variabel yang akan dianalisis berdasarkan distribusi normal. Untuk itu sebelum peneliti menggunakan teknik statistik parametris, maka kenormalan data harus diuji terlebih dahulu. Bila data tidak normal, maka statistik parametris tidak dapat digunakan, untuk itu perlu digunakan statistik non parametris. Tetapi perlu diingat bahwa yang menyebabkan tidak normal itu apanya. Misalnya da kesalahan instrumen dan pengumplan data yang diperoleh menjadi tidak akan normal. Tetapi bila sekelompok dta memang betul-betul sudah valid, tetapi distribusinya tidak membentuk distribusi normal, maka peneliti baru membuat keputusan untuk menggunakan teknik statistik non parametris.

      Pada buku ini teknik pengujian normalitas data dengan menggunakan (1) uji Kertas Peluang Normal (2) uji Chi Kuadrat (3) Uji Liliefors dan (4) Kolmogorov-Smirnov.

pada posting ini saya akan membahas teknik pengujian normalitas data dengan menggunakan Uji Chi Kuadrat untuk lebih jelasnya silahkan klik di sini 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar